TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Kamis, 05 Juli 2012

MEZBAH DUPA

BAB XIII
MEZBAH DUPA

A. UMUM

Fatsal I
AYAT-AYAT POKOK

1. PERINTAH

Terjemahan lama
Keluaran 30:1-10
1. Dan lagi hendaklah engkau memperbuatkan pula sebuah meja akan membakar dupa di atasnya: perbuatkanlah dia dari pada kayu penaga.

2. Sehasta akan panjangnya dan sehasta lebarnya, betul empat persegi, tetapi tingginya dua hasta dan tanduknya hendak berhubung dengan dia.

3. Dan salutkanlah dia dengsn emas semata-mata suci, baik papan atasnya baik pagarnya berkeliling dan segala tanduknya, dan perbuatkanlah dia suatu karangan emas kelilingnya.

4. Dan lagi perbuatkanlah padanya dua bentuk ge-lang emas, di bawah karangan itu pada kedua sisi nya, kiri-kanan, ia itu akan tempat kayu pengusung supaya dapat di usung oranglah akan dia.

5. Maka kayu pengusung itu hendaklah kauperbuat dari pada kayu penaga, lalu salutkanlah dia dengan emas.

6. Maka meja itu hendaklah kautaruh di hadapan tirai yang menudungi tabut asyahadat, di hadapan tutup grafirat yang di atas assyahadat itu, yaitu di tempat Aku datang mendapatkan kamu kelak.

7. Maka di atas meja itulah akan dibakar rempah-rempah yang harum baunya oleh Harun pada sebilang pagi, apabila diisinya pelita hendaklah dibakarnya itu.

8. Maka apabila dipasang Harun akan pelita itu pada petang hari, hendaklah ia itupun di bakar olehnya, maka selalu ia itu suatu bau-bauan yang harum di hadapan hadirat Tuhan di antara segala turunanmu.

9. Maka diatas meja itulah jangan engkau membakar dupa yang lain atau korban bakaran atau persembahan makanan dan lagi jangan engkau curahkan kepadanya persembahan minuman.

10. Maka pada setahun sekali hendaklah Harun mengadakan grafirat bagi tanduk-tanduknya dengan darah korban karena dosa yang diampuni; pada setahun sekali hendaklah diadakannya grafirat baginya diantara segala bangsa kamu, maka inilah kesucian segala kesucian bagi Tuhan adanya.

Terjemahan Baru
Keluaran 30:1-10.
1. "Haruslah kaubuat mezbah, tempat pembakaran ukupan; haruslah kau buat itu dari kayu penaga;

2. sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, sehingga menjadi empat persegi, tetapi haruslah dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya haruslah seiras dengan mezbah itu.

3. Haruslah kausalut itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang-bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Haruslah kau buat bingkai emas sekelilingnya.

4. Haruslah kaubuat dua gelang emas untuk mezbah itu di bawah bingkainya; pada kedua rusuknya haruslah kaubuat gelang itu, pada kedua bidang sisinya, dan haruslah gelang itu menjadi tempat memasukkan kayu pengusung, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut.

5. Haruslah kaubuat kayu pengusung itu dari kayu penaga dan kausalutlah dengan emas.

6. Haruslah kautaruh tempat pembakaran itu di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum, di mana Aku akan bertemu dengan engkau.

7. Di atasnya haruslah Harun membakar ukupan dari wangi-wangian; tiap-tiap pagi, apabila ia membersihkan lampu-lampu, haruslah ia membakarnya.

8. Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan Tuhan di antara kamu turun-temurun.

9. Di atas mezbah itu janganlah kamu persembahkan ukupan yang lain ataupun korban bakaran ataupun korban sajian, juga korban curahan janganlah kamu curahkan di atasnya.

10. Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi Tuhan."

K.J.V
Exodus 30:1-10
1. And thou shalt make an altar to burn incense upon: of shittim wood shalt thou make it.

2. A cubit shall be the length thereof, and a cubit the breadth thereof; four-square shall it be: and two cubits shall be the height thereof: the horns thereof shall be of the same.

3. And thou shalt overlay it with puregold, the top thereof, and the sides thereof round about and the horns thereof; and thou shalt make unto it a crown of gold round about.

4. And two golden rings shalt thou make to it under the crown of it, by the two corner thereof upon the two sides of it shalt thou make it; and they shall be for places for the staves to bear it withal.

5. And thou shalt make the staves of shittim wood, and overlay them with gold.

6. And thou shalt put it before the vail that is by the ark of the testymony, before the mercy seat that is over the testimony, where I will meet wiht thee.

7. And Aar'on shall burn thereon sweet incense every morning: when he dresseth the lamps, he shall burn incense upon it.

8. And when Aar'on lighteth the lamps at even, he shall burn incense upon it, a perpetual incense before the Lord throughout your generations.

9. Ye shall affer no strange incense thereon, nor burnt sacrifice, nor meat offering; neither shall ye pour drink offering thereon.

10. And Aar'on shall make an atonement upon the horns of it once in a year with the blood of the sin offering of atonements: once in the year shall he make atonement upon it throughout your generations: it is most holy unto the Lord.

2. PELAKSANAAN

Terjemahan Lama
Keluaran 37:25-28.
25. Maka diperbuatkannya meja pedupaan itu daripada kayu penaga, panjangnya sehasta, lebarnyapun sehasta, betul empat persegi, tetapi tingginya dua hasta, dan tanduknya adalah berhubung dengan dia.

26. Lalu disalutkannya emas semata-mata suci, baik papan atasnya baik pagarnya berkeliling dan segala tanduknyapun dan diperbuatnya akan dia suatu karangan emas kelilingnya.

27. Dan lagi diperbuatkannya padanya dua bentuk gelang daripada emas di bawah karangan itu, pada kedua sisinya pada kiri-kanannya, akan tempat kayu pengusung, supaya ia itu dapat diusung oranglah.

28. Maka kayu pengusung itu diperbuatkannya daripada kayu penaga, lalu disalutkannya dengan emas.

Terjemahan Baru
Keluaran 37:25-28.
25. Dibuatnyalah mezbah pembakaran ukupan itu dari kayu penaga, sehasta panjangnya dan sehasta lebarnya, empat persegi, tetapi dua hasta tingginya; tanduk-tanduknya seiras dengan mezbah itu.

26. Disalutnyalah itu dengan emas murni, bidang atasnya dan bidang-bidang sisinya sekelilingnya, serta tanduk-tanduknya. Dibuatnyalah bingkai emas sekelilingnya.

27. Dibuatnyalah dua gelang emas untuk mezbah itu di bawah bingkainya, pada kedua rusuknya, pada kedua bidang sisinya, sebagai tempat memasukkan kayu pengusung, supaya dengan itu mezbah dapat diangkut.

28. Dan dibuatnyalah kayu pengusung itu dari kayu penaga dan disalutnya dengan emas.

K.J.V
Exodus 37:25-28.
25. And he made the incense altar of shittim wood: the lenght of it was acubit, and the breadth of it a cubit, it was four square; and two cubits was the height of it; the horns thereof were of the same.

26. And he overlaid it with pure gold, both the top of it, and the sides there of round about, and the horns of it: also he made unto it a crown of gold round about.

27. And he made two rings of gold for it under the crown therof, by the two corners of it, upon the two sides thereof, to be places for the staves to bear it withal.

28. And he made the staves of shittim wood, and overlaid them with gold.

3. TERJEMAHAN PERBANDINGAN
(Diambil dari semua terjemahan yang dicantumkan dalam Daftar Istilah)

PERINTAH:
Keluaran 30:1-10

1. Dan hendaklah engkau membuat sebuah MEZBAH untuk membakar DUPA diatasnya; Hendaklah engkau membuatnya dari kayu penaga.

2. Panjangnya : 1 hasta dan
lebarnya : 1 hasta,
dan tingginya : 2 hasta;

TANDUK-TANDUKNYA:
hendaklah dari yang sama.

3. Hendaklah engkau menyalutkannya dengan emas murni, (bagian) atasnya dan sisi-sisi sekelilingnya dan tanduk-tanduknya. Dan hendaklah engkau membuatkan untuknya sebuah MAHKOTA dari emas sekelilingnya.

4. Dan hendaklah engkau membuatkan baginya 2 GELANG emas dibawah mahkota itu, di kedua sudutnya, pada kedua sisinya hendaklah kau membuatkannya, yaitu tempat tongkat-tongkat untuk mengusungnya.

5. Dan hendaklah engkau membuat TONGKAT-TONGKAT itu dari kayu penaga dan menyalutkannya dengan emas.

6. Dan hendaklah engkau meletakannya di depan Tirai yang dekat Tabut Perjanjian, di depan kedudukan - rahmat (KJ: Mercy seat, tutup Tabut Perjanjian, TL: Tutupan Grafirat) yang ada di atas perjanjian, di mana Aku akan bertemu dengan engkau.

7. Dan HARUN akan membakar dupa yang harum di atasnya setiap pagi. Ketika ia mendandani (young: to do good, make right) pelita, hendaklah ia membakar dupa di atasnya.

8. Dan ketika Harun menyalakan pelita pada senja, hendaklah ia membakar dupa di atasnya, suatu pedupaan yang terus menerus di hadapan Allah, sepanjang segala turunanmu.

9. JANGANLAH mempersembahkan dupa yang asing di atasnya, atau korban bakaran, atau persembahan makanan, juga jangan engkau mencurahkan persembahan minuman ke atasnya.

10. Dan hendaklah Harun membuat suatu grafirat di atas tanduk-tanduknya setahun sekali dengan darah dari korban karena dosa yang diampuni (ditebus); satu tahun sekali hendaklah ia membuat grafirat di atasnya sepanjang segala turunanmu. Ini Maha suci kepada Allah.

PELAKSANAAN
Keluaran 37:25-28

25. Maka ia membuat MEZBAH DUPA itu dari kayu penaga,
- panjangnya 1 hasta,
- lebarnya 1 hasta, 4 persegi; dan
- tingginya 2 hasta.

TANDUK-TANDUKNYA itu dari yang sama.

26. Dan ia menyalutnya dengan emas murni, baik (bagian) atas nya, sisi-sisi sekelilingnya dan tanduk-tanduknya. Ia juga membuat baginya sebuah MAHKOTA EMAS sekelilingnya.

27. Dan ia membuat 2 GELANG dari emas untuk itu dibawah mahkota tersebut, di kedua sudutnya, pada kedua sisinya, yaitu tempat tongkat-tongkat untuk mengusungnya.

28. Dan ia membuat TONGKAT-TONGKAT dari kayu penaga serta menyalutnya dengan emas.

REMPAH-REMPAH KEHIDUPAN
Keluaran 30:34-38

34. Dan Tuhan berkata kepada Musa, ambilah olehmu

REMPAH-REMPAH yang harum:

- GETAH MUR
- LAWANG, dan
- RASAMALA, rempah-rempah yang harum ini dengan
- KEMENYAN yang murni, masing-masing sama beratnya.

35. Dan hendaklah engkau membuatnya menjadi suatu DUPA (NKJ: bau-bauan), suatu perbuatan menurut keahlian tukang rempah-rempah, digarami (NKJ), murni dan suci.

36. Dan hendaklah kau tumbuk sebagian daripadanya sampai sangat kecil-kecil (TL: halus), dan letakkanlah dari padanya di depan Perjanjian (Tabut) dalam Kemah perhimpunan, dimana Aku akan bertemu dengan engkau. Itu akan menjadi Maha kudus kepadamu.

37. Dan tentang dupa (bau-bauan) yang harus kau buat itu, janganlah engkau membuat bagi dirimu seperti racikan tersebut. Itu akan menjadi kepadamu suci bagi Allah.

38. Barangsiapa yang membuat serupa itu, untuk menghirup baunya akan ditumpas dari antara bangsanya.


Blessing Family Centre

0 komentar:

Posting Komentar