TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Minggu, 26 September 2010

8 HADIAH TERINDAH

1. KEHADIRAN
Ibu tua itu menatap foto keluarga dipangguannya dengan kerinduan yang berbaur dengan rasa sedih. Terlihat matanya berkaca-kaca. Terasa masih baru saja ia bersama anak-anaknya dan almarhum suaminya melewati hari menyenangkan itu. Merayakan hari ulang tahun anak-anaknya, suaminya atau ulang tahun dirinya sendiri. Gembira dan tertawa bahagia.

Tapi sekarang ia sendiri..... dengan rasa kesepian dan terasing....

Ia baru ingat akan ulang tahunnya ketika tadi pagi Mira dan Budi kedua anak-anaknya menelponnya.

"Mama.... happy birthday..... I love you mama..." sapa Mira dari seberang telpon. Dan tak lama kemudian Budi juga menelpon untuk mengucapkan selamat ulang tahun padanya, dan satu persatu dua cucunya dan isteri Budi juga mengucapkan ucapan yang sama dengan gembira dan sukacita. Tapi mereka semua tidak mengatakan apa-apa selain ucapan itu. Padahal sebenarnya yang ia harapkan adalah KEHADIRAN mereka.

Kehadiran orang yang dikasihinya adalah kado yang tidak ternilai harganya. Apalagi setelah anak-anaknya hidup berkeluarga dan tinggal dirumah mereka masing-masing. Ia merindukan kehadiran mereka di hari istimewa seperti sekarang ini. Dengan sedih ibu tua itu menatap foto keluarga itu, dan beralih kemeja makan dimana makanan kesukaan anak-anak dan cucu-cucunya yang telah ia siapkan. Semua nampak sepi dan menyedihkan...

Ia tersentak ketika mendengar ketokan pintu, dan dengan lesu menghampirinya dan membukanya.

"Surprise...." teriak Yosel dan Dina kedua cucunya dan disambut nyanyian kedua anaknya Mira dan Budi dan menantunya "Selamat Ulang Tahun".

Ia diliputi rasa terkejut yang sangat menyenangkan. Dan semua kekasih-kekasihnya bergantian memeluk dan menciuminya dengan cinta.

Oh Tuhan.... terimakasih, KEHADIRAN mereka benar-benar hadiah terindah dalam hidupnya, dan ia merasa lengkaplah sudah kebahagiaannya.

Saudaraku terkasih,
Memang kita bisa saja hadir dihadapan orang yang dikasihi lewat surat, telepon, foto atau faks. Namun dengan berada di sampingnya, Anda dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagiaan.

2. MENDENGAR
Noel merasa begitu nyaman bila dekat dengan Nita. Gadis itu sebenarnya sangat sederhana bila dibandingkan dengan gadis-gadis jelita yang pernah dekat dengan Noel. Namun dari sekian banyak gadis-gadis tersebut, Noel menjatuhkan pilihan cintanya pada Nita. Ternyata kelebihan Nita dibandingkan dengan gadis lainnya adalah sikapnya yang selalu setia untuk MENDENGAR dengan penuh perhatian apa saja yang dikatakan Noel. Perhatian, kelembutan dan kebaikan hatinya meluluhkan hati Noel untuk mempersuntingnya menjadi isterinya.

Saudaraku terkasih,
Sedikit orang yang mampu melakukan ini. Sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan, ketimbang mendengarkan sudah lama diketahui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan hadiah ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati.

Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Anda dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya, ini memudahkan Anda memberikan tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya.

3. DIAM
Risma sangat marah pada suaminya Johny, karena sudah beberapa malam ini suaminya pulang terlambat dari kantor. Waktu ditanyakan, Johny mengatakan bahwa ia lembur, namun Risma mencurigai suaminya selingkuh, karena ia mendengar dari temannya bahwa bila suami sudah suka pulang terlambat, maka itu tanda-tanda yang patut dicurigai, ada wanita lain yang menggoda.

Setelah meyakinkan Risma bahwa kecurigaannya sama sekali tidak beralasan, dan Risma terus dengan omelannya, akhirnya Johny mendiamkan isterinya. Hanya terlihat ia menggumankan sesuatu sambil menatap isterinya dengan tatap sedih.

"Apa yang papa katakan..., papa pasti menertawakan mama sebagai isteri bodoh yang mudah dibohongi kan...?" sergap Risma dengan marah melihat suaminya hanya diam saja menatapnya.

"Papa hanya berdoa pada Tuhan Yesus, mohon pintu hati mama dibukakan untuk melihat kebenaran. Bahwa papa sangat mencintai mama dan ingin mama lebih mengenal pribadi papa, kesetiaan papa... dan lebih mempercayai papa sebagai belahan jiwa mama dibandingkan hanya percaya pada hasutan orang lain..." sahut Johny dengan suara bergetar.

Risma terpaku dalam rasa bersalah dan penyesalan mendengar ungkapan hati suaminya...

Saudaraku terkasih,
Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya, Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang, karena memberinya “ruang untuk berpikir”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur, mengkritik bahkan mengomel.

4. KEBEBASAN
Merry tersiksa sekali dengan pacarnya. Semua apa yang dilakukannya harus selalu dilaporkan pada pacarnya. Jam berapa Merry harus tiba di rumah, siapa saja yang boleh menjadi temannya, apa saja yang boleh dilakukan Merry, dan apa saja yang tidak boleh dilakukannya. Yang semakin membuatnya tidak bahagia, pacarnya mengancam akan melakukan hal yang membahayakan dirinya sendiri bila Merry tidak menuruti apa yang dikatakannya. Dan ancaman itu dibuktikannya dengan tindakan yang membuatnya hampir celaka.

Saudaraku terkasih,
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah “Kau bebas berbuat semaumu”. Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

5. KEINDAHAN
Anton begitu bahagia dan surprise ketika ia pulang dari kantor melihat rumah tertata rapi, isterinya Maya menyambut dengan ciuman dan pelukan lembut. Penampilan Maya sangat membuatnya terpesona, isterinya berpakaian rapi, dan berbau harum, dan anak mereka Ade yang berusia 1 tahun, nampak juga wangi dan menyenangkan.

Mhmmm... dampak dari pembicaraan mereka tadi malam berbuah positip, Maya menghargai keterus-terangannya bahwa ia tidak suka melihat Maya yang tidak sempat mengurus dirinya karena terlalu disibukkan oleh urusan rumah tangga."Kalau perlu ambillah pembantu kalau memang mama merasa berat dengan pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak kita Ade..." pinta Anton pada Maya.

Saudaraku terkasih,
Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil indah dan rupawan juga merupakan hadiah manis lho. Bahkan tak salah jika Anda menghadiahkannya tiap hari! Selain keindahan penampilan pribadi, Anda pun bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yg tertata indah, misalnya. Pasti membuat suasana semakin menyenangkan dan menimbulkan rasa sukacita..... :)

6. TANGGAPAN POSITIF
Hati Wati berbunga ketika suaminya melontarkan pujian untuk masakan yang dibuatnya."Sayang, terimakasih ya. Masakanmu enak sekali..." kata Sawing sambil mencium kening Wati dengan rasa sayang.
Semua keletihan Wati mengurus anak-anak dan mengurus rumah mereka seketika hilang dengan pujian tulus itu.

Saudaraku terkasih,
Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi Anda. Ingat-ingat pula, pernahkah Anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf) adalah hadiah indah yang sering terlupakan.

7. KESEDIAAN MENGALAH
Rina kesal pada Rudi. Sudah seharian ia menanti kedatangan Rudi untuk nonton film bersama, dan saat Rudi tak kunjung datang, dan waktu ia nelpon, Rudi mengatakan bahwa ia ketiduran, dan menjanjikan mereka akan nonton untuk jam pertunjukan berikutnya. Rina marah, tapi ia coba untuk memaafkan Rudi.

Saudaraku terkasih,
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi cekcok yang hebat. Semestinya Anda pertimbangkan, apa iya sih sebuah hubungan cinta dikorbankan dan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan itu? Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap memberikan hadiah “kesediaan mengalah”.

Okelah, Anda mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa musti jadi pemicu pertengkaran yg berlarut- larut? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

8. SENYUMAN
Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan syarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?
===

Roma 14:19 => Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.

LORD JESUS bless you and me, now and foreber.
AMEN.

Sumber: Renungan Harianku

0 komentar:

Posting Komentar