TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Minggu, 19 September 2010

BIJAK MENGELOLA KONFLIK

Bacaan : 1 Korintus
1:10-17
Setahun: Pengkhotbah
1-3; 2 Korintus 11: 16-33
Nats: Tetapi buah Roh
ialah: kasih, sukacita,
damai sejahtera,
kesabaran,
kemurahan, kebaikan,
kesetiaan (Galatia 5:22)
Judul:
BIJAK
MENGELOLA KONFLIK
Konflik berasal dari
kata Latin, confligere,
yang berarti percikan
atau bunga api akibat
gesekan. Konflik itu
netral. Yang
menjadikannya positif
atau negatif adalah
penanganannya. Konflik
tidak pandang bulu. Ia
bisa berada di mana
saja ada interaksi.
Termasuk di kalangan
umat kristiani.
Situasi jemaat Korintus
adalah buktinya. Ada
perselisihan-bahkan,
perpecahan di dalam
jemaat. Penyebabnya
adalah kekaguman yang
berlebihan pada para
tokoh. Ada kelompok
yang mendukung
bahkan
memuja Paulus, yang
berlawanan dengan
kelompok penggemar
Apolos, dan
juga Petrus. Bahkan,
ada pula yang
menyebut diri sebagai
kelompok
Kristus! Terhadap hal
ini, Paulus dengan tegas
menyatakan: "Apakah
Kristus terbagi-bagi?
Apakah Paulus
disalibkan karena kamu?
Atau,
apakah kamu dibaptis
dalam nama Paulus?"
Paulus hendak
menempatkan
kekaguman yang
berlebihan ini pada porsi
yang wajar, yang tidak
boleh melampaui batas
kebenaran, yakni bahwa
iman kepada Yesus
Kristus adalah dasar
gereja (1 Korintus 3:11).
Dan bahwa Paulus,
Apolos, serta Kefas
adalah para pelayan
Kristus-para mitra kerja
Kristus-sehingga tak
dapat menggantikan
posisi Kristus.
Dalam hidup kita
sebagai orang kristiani
dan serta dalam
persekutuan
orang percaya, tak ada
satu pun yang bebas
konflik. Apabila Kristus
tertutupi oleh karisma
dan kekaguman pada
seseorang, bunga api
konflik bisa menjadi api
yang berbahaya.
Namun, jangan takut
pada
konflik. Sebab apabila
Kristus-bukan tokoh lain
mana pun, yang
menjadi pusat hidup
kita, maka segala
konflik pasti dapat
diatasi --DKL
PENGELOLAAN KONFLIK
SECARA BAIK
MENGHASILKAN
KUALITAS HIDUP YANG
LEBIH MURNI
e-RH Situs: http://
renunganharian.net/
utama.php
?
tanggalnya=2010-09-19
e-RH arsip web:
http://
www.sabda.org/
publikasi/e-
rh/2010/09/19/

++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++++
Ayat Alkitab:
http://
alkitab.sabda.org/?
1+Korintus+1:10-17

1 Korintus 1:10-17
10 Tetapi aku
menasihatkan kamu,
saudara-saudara, demi
nama Tuhan
kita Yesus Kristus,
supaya kamu seia
sekata dan jangan ada
perpecahan di antara
kamu, tetapi sebaliknya
supaya kamu erat
bersatu dan sehati
sepikir.
11 Sebab, saudara-
saudaraku, aku telah
diberitahukan oleh
orang-orang
dari keluarga Kloe
tentang kamu, bahwa
ada perselisihan di
antara
kamu.
12 Yang aku
maksudkan ialah,
bahwa kamu masing-
masing berkata: Aku
dari golongan Paulus.
Atau aku dari golongan
Apolos. Atau aku dari
golongan Kefas. Atau
aku dari golongan
Kristus.
13 Adakah Kristus
terbagi-bagi? Adakah
Paulus disalibkan karena
kamu?
Atau adakah kamu
dibaptis dalam nama
Paulus?
14 Aku mengucap
syukur bahwa tidak ada
seorangpun juga di
antara kamu
yang aku baptis
selain Krispus dan
Gayus,
15 sehingga tidak ada
orang yang dapat
mengatakan, bahwa
kamu
dibaptis dalam
namaku.
16 Juga keluarga
Stefanus aku yang
membaptisnya. Kecuali
mereka aku
tidak tahu, entahkah
ada lagi orang yang aku
baptis.
17 Sebab Kristus
mengutus aku bukan
untuk membaptis,
tetapi untuk
memberitakan Injil;
dan itupun bukan
dengan hikmat
perkataan,
supaya salib Kristus
jangan menjadi sia-sia.
Bacaan Alkitab Setahun:
http://
alkitab.sabda.org/?
Pengkhotbah+1-3

http://
alkitab.sabda.org/?
2Korintus+11:+16-33

0 komentar:

Posting Komentar