TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Jumat, 12 Maret 2010

SKILL DAN FASILITAS

SKILL DAN FASILITAS (Visi B session 2) Amsal 29:18
Yas 11XII07


Amsal 29:18 Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

2. SKILL : Berbicara tentang Skill itu adalah sesuatu yang pembentukannya memakan waktu yang amat panjang. Skill adalah hasil dari sebuah latihan yang memerlukan ketekunan / keuletan serta waktu yang sangat panjang dan Skill menjadi bagian dari kehidupan seseorang,Skill akan sangat mendukungnya dalam segala hal. Berkhotbah, bernyanyi, bermain musik, menulis, mengajar dan lain-lain, itu adalah contoh-contoh Skill Namun Skill yang paling dibutuhkan oleh setiap orang untuk membangun jemaat yang berkualitas yaitu :

A. Kesanggupan untuk Memimpin : Skill untuk memimpin adalah yang paling dibutuhkan oleh seorang pembangun jemaat, Tanpa memiliki Skill untuk memimpin maka sulit bahkan mustahil bagi seseorang untuk membangun sebuah jemaat, apalagi jemaat yang berkualitas. Memimpin arti sederhananya ialah tindakan yang bersifat memberitahu, memberi teladan, mengarahkan dan menuntun Khusus didalam jemaat memimpin itu harus memberi pengarahan, pengajaran, dan menyalurkan Visi dari Tuhan (Bukan Visi kehendak sendiri / manusia ) kepada tiap-tiap anggota jemaat. Kepemimpinan didalam jemaat dilakukan sesuai dengan ketetapan Alkitab. Ada disiplin, namun yang bersifat membangun yang didasarkan atas Roh lemah lembut. ( Bilangan 12:3 ) 12:3 Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.

B. Kesanggupan untuk Berkomunikasi : Adalah Skill yang sangat diperlukan oleh seorang pelayan Tuhan Karena frekwensi berhubungan seorang pelayan Tuhan dengan sesama manusia sangat tinggi. Apalagi untuk membangun jemaat, kelancaran berkomunikasi adalah keharusan. Hal-hal diperlukan didalam membangun Skill berkomunikasi ialah memupuk rasa percaya diri (self-confindent) jika seseorang memiliki kerendahan hati dan rasa percaya diri, maka orang tersebut tidak ada masalah didalam berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya.

C. Kesanggupan untuk Melakukan Banyak Hal : Semakin banyak Skill dimiliki oleh pelayan Tuhan maka akan semakin terdukung program pelayanannya Memiliki banyak Skill pasti akan sangat menunjang pelayanannya . Misalnya selain bisa memimpin dan berkomunikasi, yang bersangkutan juga pandai berkhotbah dan menulis, pintar bernyanyi dan memainkan musik, juga bisa bermacam-macam bahasa. Pelayan Tuhan demikian selalu taat akan dua hal : yaitu Rendah hati dan bersandar kepada Tuhan, maka Tuhan pasti akan memakainya. Akhirnya,dilengkapilah kita dengan sebanyak-banyaknya Skill, baik itu yang berhubungan langsung dengan pelayanan, maupun yang kelihatannya tidak ada hubungannya dengan pelayanan.

3. FASILITAS : Persiapan yang ketiga perlu dikerjakan oleh setiap orang yang membangun jemaat yang berkualitas ialah mempersiapkan sesuatu yang akan dipakai, baik untuk mengajar maupun untuk hal-hal lainnya.

A. Bahan Pelajaran / Penginjilan : Bidang utama dari pembangunan jemaat yang berkualitas ialah bidang pengajaran, maka hal utama yang harus dipersiapkan ialah bahan penginjilan dan pengajaran . bahan penginjilan dipakai untuk menjangkau orang demi meningkatkan kuantitas, sedangkan bahan pengajaran doktrin dipakai untuk meningkatkan kualitas. Demikian juga seorang yang sedang didalam pelayanan Tuhan harus mempersiapkan bahan-bahan untuk penginjilan dan pengajaran adalah hal yang sangat penting .

B. Dana / Dukungan : Fasilitas lain yang perlu dipersiapkan untuk membangun jemaat yang berkualitas ialah Dana / orang-orang yang mendukung pelayananya sepenuhnya (segenap hatinya) Tanpa dukungan orang-orang dan dana , maka pelayanan tidak bisa berjalan dengan baik dan benar.
Dan faktor utama adalah Tuhan yang mengadakan / mempersiapkan /menggerakan hati orang-orang berlaku benar dihadapan-Nya ( bersikap jujur dan setia )

C. Tempat / Lokasi : Mempersiapkan lokasi untuk membangun jemaat yang berkualitas adalah faktor yang cukup penting. Khususnya di-negara yang mayoritas penduduknya bukan Kristen, salah pilih tempat kadang-kadang bisa membawa akibat yang fatal.oleh sebab itu carilah lokasi yang betul-betul aman, / setidaknya agak aman. Pokoknya untuk memulai mengumpulkan orang-orang lakukanlah dengan fasilitas yang se adanya ( Jangan berlebihan ) dan dimana saja tempatnya, sebab Tuhan lah yang Empunya / yang memiliki Langit dan Bumi berserta isinya ( Semua milik Tuhan )


Amein
TUHAN YESUS MEMBERKATI

0 komentar:

Posting Komentar