TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Rabu, 20 Oktober 2010

DOA SYAFAAT

Bacaan : Kejadian
18:23-33
Setahun: Yesaya 59-61;
2 Tesalonika 3
Nats: ...maka Allah ingat
kepada Abraham, lalu
dikeluarkan-Nyalah Lot
dari tengah-tengah
tempat yang
ditunggangbalikkan itu
(Kejadian
19:29)
Judul:
DOA
SYAFAAT
Bayangkanlah cerita
Alkitab hari ini seperti
situasi digelarnya
sebuah pengadilan.
Kota Sodom dan
Gomora sedang
dituntut. Allah
ialah Hakimnya. Jaksa
penuntut diperankan
oleh banyak orang yang
berkeluh-kesah
tentang kedua kota itu.
Abraham tampil
membela pihak
tertuduh dengan
argumentasinya yang
gigih.
Dalam sebuah
pengadilan, peran
seorang advokat atau
pengacara yang
membela pihak yang
bersalah, sangatlah
penting. Pembelaannya
di
depan hakim akan
menentukan nasib si
tertuduh. Dengan
"keberanian"
yang mengagumkan,
Abraham melakukan
"tawar-menawar"
dengan Tuhan
tentang jadi atau
tidaknya hukuman
dijatuhkan atas Sodom
dan Gomora.
Kesepakatan pun
akhirnya diperoleh.
Hukuman tetap akan
dilaksanakan.
Akan tetapi
perhatikanlah, Allah
secara luar biasa
menyatakan
kemurahan-Nya. Dia
menjalankan misi
penyelamatan atas Lot
dan
keluarganya. Mengapa?
Karena Dia "ingat
kepada Abraham"!
Sungguh
sebuah catatan yang
menggetarkan hati.
Saya teringat pada
syair sebuah lagu pop
rohani yang berbunyi,
"Bila
kau rasa sepi dan
hatimu pun sedih,
ingatlah seorang
mendoakanmu".
Doa syafaat adalah
seruan permohonan
kepada Tuhan, yang
dipanjatkan
seseorang untuk orang
lain. Dan Tuhan
memedulikannya.
Abraham
berseru kepada Tuhan
atas nama Lot,
sehingga Lot dan
keluarganya
diselamatkan. Tuhan
mengingat seruan
Abraham tentang Lot.
Kita semua
pasti pernah dan
sedang diberkati karena
seseorang mendoakan
kita.
Namun sebaliknya,
biarlah ada juga
seseorang yang sedang
diberkati
karena Allah mengingat
doa-doa kita --PAD
BIARLAH HARI
INI SESEORANG
MENERIMA BERKAT
KARENA
TUHAN MENGINGAT
SAYA BERSYAFAAT
e-RH Situs: http://
renunganharian.net/
utama.php
?
tanggalnya=2010-10-20
e-RH arsip web:
http://
www.sabda.org/
publikasi/e-
rh/2010/10/20/

++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++
++++++++++
Ayat Alkitab:
http://
alkitab.sabda.org/?
Kejadian+18:23-33

Kejadian 18:23-33
23 Abraham datang
mendekat dan berkata:
"Apakah Engkau akan
melenyapkan orang
benar bersama-sama
dengan orang fasik?
24 Bagaimana
sekiranya ada lima puluh
orang benar dalam kota
itu?
Apakah Engkau akan
melenyapkan tempat
itu dan tidakkah Engkau
mengampuninya
karena kelima puluh
orang benar yang ada di
dalamnya itu?
25 Jauhlah kiranya dari
pada-Mu untuk berbuat
demikian, membunuh
orang benar
bersama-sama dengan
orang fasik, sehingga
orang
benar itu seolah-olah
sama dengan orang
fasik! Jauhlah kiranya
yang demikian dari
pada-Mu! Masakan
Hakim segenap bumi
tidak
menghukum dengan
adil?"
26 TUHAN berfirman:
"Jika Kudapati lima puluh
orang benar dalam
kota Sodom, Aku
akan mengampuni
seluruh tempat itu
karena
mereka."
27 Abraham
menyahut:
"Sesungguhnya aku
telah memberanikan diri
berkata kepada
Tuhan, walaupun aku
debu dan abu.
28 Sekiranya kurang
lima orang dari kelima
puluh orang benar itu,
apakah Engkau akan
memusnahkan seluruh
kota itu karena yang
lima
itu?" Firman-Nya:
"Aku tidak
memusnahkannya, jika
Kudapati empat
puluh lima di sana."
29 Lagi Abraham
melanjutkan
perkataannya kepada-
Nya: "Sekiranya
empat puluh didapati
di sana?" Firman-Nya:
"Aku tidak akan
berbuat demikian
karena yang empat
puluh itu."
30 Katanya: "Janganlah
kiranya Tuhan murka,
kalau aku berkata
sekali lagi. Sekiranya
tiga puluh didapati di
sana?" Firman-Nya:
"Aku tidak akan
berbuat demikian, jika
Kudapati tiga puluh di
sana."
31 Katanya:
"Sesungguhnya aku
telah memberanikan diri
berkata
kepada Tuhan.
Sekiranya dua puluh
didapati di sana?"
Firman-Nya:
"Aku tidak akan
memusnahkannya
karena yang dua puluh
itu."
32 Katanya: "Janganlah
kiranya Tuhan murka,
kalau aku berkata lagi
sekali ini saja.
Sekiranya sepuluh
didapati di sana?"
Firman-Nya: "Aku
tidak akan
memusnahkannya
karena yang sepuluh
itu."
33 Lalu pergilah
TUHAN, setelah Ia
selesai berfirman
kepada
Abraham; dan
kembalilah Abraham ke
tempat tinggalnya.
Bacaan Alkitab Setahun:
http://
alkitab.sabda.org/?
Yesaya+59-61

http://
alkitab.sabda.org/?
2+Tesalonika+3

0 komentar:

Posting Komentar