TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

Selasa, 08 Juni 2010

" PENJAGA BAGI NEGERI.." ( YEHEZKIEL 33: 1-9 )

Nabi Yehezkiel dipanggil Tuhan sebagai seorang Penjaga bagi kaum Israel (Watchman) yang dalam pengertian bahasa aslinya bisa berarti: orang-orang yang mengawasi,memperhatikan bahkan memata-matai...dan di masa kini seorang Penjaga bisa disebut juga seorang Pendoa Syafaat..Paling tidak ada beberapa hal yang ingin saya bagi dalam renungan ini hal-hal yang harus dimiliki seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat.

1.Harus memiliki kehidupan didalam Tuhan.(ayat 1& 7)
Seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat adalah orang-orang yang harus memiliki KEINTIMAN dengan Bapa Surgawi..di dalam KEINTIMAN kita dengan-Nya lah...kita pasti bisa dengar dengan sangat jelas apa yang dikatakan Bapa bagi kita..Seorang Penjaga/ Pendoa haruslah orang-orang yang bisa mendengar suara-Nya dan itu sebuah keharusan..!! Tak bisa ditawar..!! Dan kita harus mulai belajar untuk menyediakan telinga kita untuk dilatih-Nya memiliki telinga seorang murid.Tuhan berbicara kepada kita lewat FIRMAN-NYA melalui banyak cara...dan disitulah tugas kita untuk bisa mengerti, mencari tahu dengan cara apa Dia lagi bicara kepada kita..

2. Memiliki Tanggung-jawab.(ayat 6-8)
Seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat memiliki tanggung-jawab yang besar...dikatakan di ayat 6-8 bahwa jika seorang Penjaga/ Pendoa sudah mendengar Tuhan bicara untuk mengingatkan seseorang bahkan mungkin sebuah komunitas atau sebuah kota (contoh Niniwe) bahkan satu bangsa untuk bertobat kepada Tuhan dan kita tidak menyampaikan PESAN TUHAN kepada mereka..dan akhirnya orang tersebut, komunitas atau kota bahkan bangsa tersebut mengalami kematian atau murka Tuhan..mereka akan mati dalam kesalahan mereka TAPI TUHAN menuntut PERTANGGUNG-JAWABAN tersebut kepada kita..

3. Menyampaikan Kebenaran.( ayat 4-5,7 & 9)
Seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat harus memiliki KEBERANIAN ILAHI untuk menyampaikan PESAN TUHAN apa adanya, jujur, terbuka tapi tetap dengan Hati Tulus...Seringkali seorang Pendoa Syafaat mengalami keraguan, ketidak-enakan bahkan takut untuk mengatakan kebenaran kepada orang-orang yang dimana Tuhan sudah berpesan untuk mereka...Penjaga/Pendoa Syafaat harus meminta kekuatan Tuhan untuk berani menyampaikan PESAN TUHAN dengan cara yang tepat kepada orang yang tepat..(Kolose 4:3-4)

Jika saudara bertanya kepada saya siapa saja yang harus menjadi Penjaga/ Pendoa Syafaat? Saya akan menjawab Bahwa setiap orang yang sudah lahir baru atau bertobat Harus menjadi seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat...karena menjadi Penjaga/ Pendoa Syafaat bukanlah hanya SEBUAH PANGGILAN KHUSUS semata tetapi sudah harus menjadi LIFE-STYLE bagi orang percaya...sudah harus ada DNA SYAFAAT didalam diri setiap orang percaya...Semua orang Kristen bahkan orang awam/ jemaat sekalipun haruslah menjadi seorang Penjaga/Pendoa Syafaat apalagi jika saudara adalah PELAYAN TUHAN...tidak perduli apakah saudara Penginjil, Gembala Sidang, Pemusik, Penari bahkan Usher sekalipun...saudara harus menjadi seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat.
Mari mulailah berdiri sebagai seorang Penjaga/ Pendoa Syafaat..baik bagi keluarga terdekat, sesama kita,gereja kita bahkan bagi kota, bangsa kita dan akhirnya juga bagi bangsa-bangsa lain di dunia.

Kita lihat tulisan Paulus kepada Timotius untuk mengajak semua jemaat (bukan hanya Pelayan Tuhan) yang digembalakannya untuk berdoa syafaat..

" Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar,agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita.." ( 1 Timotius 2:1-3 )

By His Grace for me,

Blessing Family Centre Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar